ITK Balikpapan Gelar Pelatihan Guru Matematika, Jadikan Matematika Ramah bagi Pelajar

pengmas - 26 Februari 2020 - 12:00 AM

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN -Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan menggelar pelatihan guru matematika. Diharapkan matematika bisa ramah bagi pelajar.

Bukan hal baru, pelajaran matematika sering kali dikeluhkan sebagai pelajaran yang memusingkan para pelajar. Untuk itu, Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Balikpapan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat,  yang ditujukan bagi guru matematika se-Balikpapan, beberapa waktu lalu.

Dosen Matematika ITK, Sigit Pancahayani menuturkan, program tersebut dimaksudkan untuk menambah wawasan guru matematika dalam menggunakan aplikasi GeoGebra untuk mendukung proses pembelajaran di  sekolah.

GeoGebra sendiri adalah aplikasi geometri, aljabar, statistik, dan kalkulus interaktif, yang dimaksudkan untuk belajar dan mengajar matematika dan sains dari tingkat sekolah dasar hingga universitas.

Menurut keterangannya, peserta yang hadir dalam pelatihan ini tidak hanya guru matematika SMA dari Kota Balikpapan, namun juga guru dari mata pelajaran lainnya seperti guru fisika dan guru SD.

Selain itu terdapat pula peserta pelatihan yang berasal dari Kabupaten Penajam Paser Utara. “Sebetulnya GeoGebra sudah banyak dikenal oleh para guru karena aplikasi ini mudah dipelajari.

Keuntungan lain dari GeoGebra adalah bersifat open source dan mampu memberikan tampilan yang menarik sehingga dapat memberikan visualisasi kepada siswa saat belajar matematika”, ujar Sigit, Selasa (25/2/2020).

Dibantu oleh empat mahasiswa dan dua rekan dosen lainnya, pelatihan yang diselenggarakan di SMAIT Al Auliya Balikpapan ini berlangsung selama tiga jam lebih dari pukul 08:30 hingga 12:00 Wita. Dalam pelatihan ini, peserta diajari dari bagaimana menggunakan GeoGebra untuk menggambar grafik hingga menggambar bangun ruang.

“Pelatihan ini sangat menarik dan saya berharap agar kerja sama antara Progam Studi Matematika ITK dan MGMP Matematika SMA Kota Balikpapan dapat selalu terjalin, sehingga kemampuan matematika siswa SMA di Kota Balikpapan dapat meningkat”, tutur Musliyani, ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kota Balikpapan.

Selain diharapkan sebagai sarana peningkatan kompetensi bagi guru matematika, pelatihan ini juga  ditujukan untuk mempererat hubungan kerja sama antara Program Studi Matematika ITK dengan Guru MGMP Matematika SMA Kota Balikpapan.

“Ke depannya, kerja sama semacam ini juga akan diperluas untuk MGMP Matematika SMP di Balikpapan maupun ke luar Kota Balikpapan”, pungkas Sigit.

 

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul TIK Balikpapan Gelar Pelatihan Guru Matematika, Jadikan Matematika Ramah bagi Pelajar, https://kaltim.tribunnews.com/2020/02/25/tik-balikpapan-gelar-pelatihan-guru-matematika-jadikan-matematika-ramah-bagi-pelajar.

Penulis: Heriani AM

Editor: Samir Paturusi