Mahasiswa Matematika ITK Lolos ke Tahap Seleksi Tingkat Nasional ONMIPA-PT Bidang Matematika

prestasi - 17 Juli 2023 - 12:00 AM

Balikpapan-Institut Teknologi Kalimantan satu mahasiswa Matematika berhasil lolos tahap seleksi wilayah dan mengikuti seleksi nasional dalam lomba ONMIPA-PT (Olimpiade Nasional bidang Matematika dan IPA Perguruan Tinggi) bidang Matematika di Institut Teknologi Bandung. Mahasiswa tersebut adalah Muhammad Iqbal (2021), dibawah bimbingan langsung bapak Yanuar Bhakti Wira Tama, M.Si. ONMIPA-PT sendiri diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang tiap tahunnya menyelenggarakan berbagai kegiatan ajang talenta untuk mengembangkan talenta dan prestasi mahasiswa di berbagai minat dan ketalentaan, diantaranya dalam rumpun sains, riset, dan teknologi.

C:\Users\USER\Downloads\DSC_7613-768x513.jpg

 

ONMIPA-PT mempunyai 3 tahap seleksi, yaitu seleksi tingkat perguruan tinggi, seleksi tingkat wilayah, dan seleksi tingkat nasional. Dari tiap bidang termasuk bidang matematika, lima mahasiswa dipilih dari seleksi tingkat perguruan tinggi untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah. Adapun sebelumnya, diadakan sesi belajar dan mengerjakan soal-soal sebagai persiapan mengikuti seleksi wilayah. Materi yang dilombakan di bidang matematika mencakup: aljabar linear, struktur aljabar, analisis real, analisis kompleks dan kombinatorika. Dalam seleksi tingkat wilayah, terdapat total 16 wilayah dan peserta yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tingkat nasional berjumlah maksimal 65 orang untuk setiap bidang, yang terdiri atas: juara 1 pada seleksi tingkat wilayah dari masing-masing wilayah, satu peserta dari PTS yang memperoleh nilai tertinggi pada seleksi tingkat wilayah di masing-masing wilayah yang memenuhi standar minimum yang ditetapkan oleh dewan juri, dan peserta peringkat atas pada seleksi tingkat wilayah selain juara 1 yang telah disebutkan sebelumnya secara keseluruhan untuk memenuhi kuota maksimal (65 peserta). Dari sebanyak 1217 peserta bidang matematika di tingkat wilayah, Iqbal berhasil lolos menjadi satu dari 65 peserta yang terpilih dari tingkat wilayah untuk mengikuti seleksi tingkat nasional yang diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung pada tanggal 13 – 17 Juni 2023.

C:\Users\USER\Downloads\DSC_7646-768x513.jpg

 

Adapun manfaat dari tercapainya prestasi tersebut ialah dapat memotivasi mahasiswa lainnya di Institut Teknologi Kalimantan untuk berkompetisi baik di ONMIPA-PT selanjutnya maupun di ajang perlombaan lainnya serta meningkatkan minat mahasiswa di bidang Matematika.

 

 

 

 

Menurut Iqbal selaku Finalis bidang Matematika ONMIPA-PT, pengalaman ini sangat berkesan, karena dapat merasakan suasana kompetitif dan berkompetisi dengan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Harapannya dari lomba ONMIPA-PT tersebut dapat menjadi contoh untuk para mahasiswa untuk aktif mengikuti lomba-lomba/olimpiade untuk mengembangkan minat dan bakat di masa kuliah.