Math Go To School : “Get Your Dream With Mathematics ITK”

artikel berita - 21 Mei 2021 - 12:00 AM


 

 

 

Program Studi Matematika ITK merupakan program studi yang berkontribusi untuk keberlangsungan pendidikan di Indonesia, khususnya wilayah Kalimantan dan sekitarnya. Mahasiswa-mahasiswi matematika ITK dapat mempelajari dan mengaplikasikan konsep matematis untuk mengembangkan keilmiahan melalui tiga bidang keahlian, yaitu statistika, dan aktuaria, pemodelan matematika, serta analisis dan aljabar. Stigma yang beredar di kalangan siswa-siswi SMA/SMK/MA maupun Madrasah, bahwa Program Studi Matematika ini masih dianggap program studi yang mempunyai tingkat kesulitan cukup tinggi. Untuk itu, Himpunan Mahasiswa Matematika ITK mengadakan kegiatan yang bernama Math Go to School yang bertemakan Get Your Dream With Mathematics ITK pada 11 April 2021 melalui Zoom Conference yang menghadirkan Bapak Muliady Faisal, S.Si., M.Si. sebagai pemateri 1, dan Putri Nur Atmawati mahasiswi program studi Matematika ITK angkatan 2018 sebagai pemateri ke-2. Bapak Muliady Faisal, S.Si., M.Si. merupakan salah satu Dosen Program Studi Matematika ITK. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.10 WITA hingga 11.25 WITA ini dihadiri oleh 39 peserta yang terdiri dari Siswa/i SMA/MA Kota Balikpapan, Guru SMA/MA Kota Balikpapan, dan Mahasiswa ITK. Materi yang disampaikan diantaranya Informasi tentang ITK, dan Matematika ITK kemudian Mengenal Himpunan Matematika ITK lebih dekat. Math Go To School “Get Your Dream With Mathematics ITK” diharapkan dapat memperkenalkan Matematika ITK serta menjalin hubungan baik dengan SMA/MA Sederajat.

 

 

 

Acara dibuka oleh Rekhagemaya Tarissa Jan’alfanda selaku moderator pada kegiatan ini dan juga sambutan oleh Bapak Muliady Faisal, S.Si., M.Si. selaku Dosen Program Studi Matematika, serta Muhammad Giovani selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Matematika. Materi pertama yang dibawakan oleh narasumber adalah “Informasi tentang ITK, dan Matematika ITK”, Bapak Muliady Faisal, S.Si., M.Si. memberikan pemaparan umum tentang Institut Teknologi Kalimantan, program studi Matematika ITK, serta Jalur Penerimaan Mahasiswa di ITK. 

 

 

 

 

Selanjutnya, Putri Nur Atmawati menyampaikan materi “Mengenal Himpunan Matematika ITK lebih dekat”. Pemateri memberikan pemaparan umum tentang kegiatan yang ada di ITK, Himpunan Mahasiswa Matematika, serta program kerja yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika ITK. Setelah materi telah disampaikan, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, antusiasme peserta ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan yang kemudian didiskusikan bersama narasumber. Dilanjutnya dengan sesi dokumentasi, pembagian dan pengisian link lembar feedback kepada peserta serta penutupan. Math Go To School yang akan diselenggarakan kembali sekitar bulan Oktober 2021.

 

Penulis berita: William Christopher Dasdo Purba, 02191029