Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) dengan Tema “Innovative Mindset: Let’s Build a Golden Indonesia 2045”

kemahasiswaan - 27 Oktober 2022 - 12:00 AM

Himpunan Mahasiswa Matematika Institut Teknologi Kalimantan menyelenggarakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) dengan Tema “Innovative Mindset: Let’s Build a Golden Indonesia 2045” . Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting pada hari Minggu, 22 Mei 2022. Dengan dibuka oleh Sherwin Fernanda Putra selaku moderator yang merupakan mahasiswa program studi Matematika ITK angkatan 2020. Kegiatan ini dimulaipukul 09.00 wita sampai pukul 11.20 wita, dengan dihadiri sebanyak 68 peserta baik mahasiswa aktif Institut Teknologi Kalimantan dan peserta umum. Adapun tujuan dari PKTI(Pelatihan Karya Tulis Ilmiah) ini untuk meningkatkan pengetahuan dasar mengenai bagaimana penulisan suatu Karya Tulis Ilmiah yang baik dan benar.


Pada PKTI HIMATIKA ITK 2022 kali ini terdapat 2 sesi materi yang mana untuk materi pertama dibawakan oleh Sarah Azimah Lubis yang merupakan mahasiswi program studi Matematika ITK angkatan 2020, dan juga Meisy Angelita yang juga merupakan mahasiswi program studi Matematika ITK angkatan 2020. Untuk materi pertama dibahas beberapa hal mengenai Brainstorming atau penggalian ide, dibahas pula mengenai kisi-kisi presentasi yang baik kemudian penulisan format dasar dari sebuah karya tulis ilmiah, dan pemaparan singkat Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Setelah materi pertama selesai agar peserta lebih antusias sebelum pemarapan materi kedua, peserta dipandu untuk ice breaking dengan kahoot.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah ice breaking, selanjutnya untuk materi kedua mengenai motivasi untuk berkarya,sistematika dalam penulisan karya tulis ilmiah ataupun dalam penulisan laporan penelitian, makalah dan jurnal ilmiah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Setelah seluruh sesi materi selesai dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Pada sesi ini peserta diperkenankan untuk memberikan beberapa pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan sebelumnya, peserta diperkenankan bertanya melalui room chat ataupun dengan onmic. Demikian rangkaian kegiatan PKTI HIMATIKA 2022 kali ini ditutup dengan dokumentasi peserta dan juga panitia yang dipandu oleh moderator, serta pemberian link feedback sebagai penutup dari rangkaian kegiatan PKTI. Diharapkan kedepannya terus berkembang dan jauh lebih baik lagi untuk PKTI di tahun selanjutnya.

 

 

 

 

 

 

 

Penulis berita : Aisyah Winda Aryani (02191001)