Webinar “Pemodelan dan Peramalan Covid-19 terhadap Fluktuasi Harga Saham di Indonesia dan Dunia: Classical and Modern Time Series Approach”

kuliah umum - 11 Januari 2021 - 12:00 AM

Wabah Covid-19 menyebar begitu cepat dan bertransformasi menjadi pandemi di lebih dari 200 negara. Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat dunia. Secara keseluruhan, pandemi ini memiliki dampak besar pada sektor perjalanan, produksi dan konsumsi, serta ekonomi. Para ekonom dan pemerintah kini sedang mendiskusikan tentang prediksi bahwa ekonomi global dapat tumbuh pada tingkat paling lambat sejak 2009 akibat pandemic Covid-19. Data perekonomian Indonesia menunjukkan terjadi perbedaan signifikan pada harga saham sebelum dan sesudah diumumkannya kasus pertama Covid-19 di Indonesia. Prediksi fluktuasi harga saham di Indonesia dapat diambil dari pemodelan serta peramalan menggunakan pendekatan klasik dan modern time series. Untuk itu, Program Studi Matematika menyelenggarakan Webinar tentang Pemodelan dan Peramalan Covid-19 terhadap Fluktuasi Harga Saham di Indonesia dan Dunia: Classical and Modern Time Series Approach yang dilaksanakan melalui Channel YouTube resmi Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimanta. Webinar kali ini menghadirkan Dr. Suhartono, M.Sc. yang merupakan dosen departemen statistika di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Kegiatan dibuka oleh Bu Irma Fitria S.Si, M.Si selaku moderator kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bu Indira Anggriani S.Si., M.Si., selaku Ketua Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi serta sambutan dari Bapak Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D selaku Rektor Insttitut Teknologi Kalimantan. Sebelum pemaparan materi dimulai, kegiatan webinar diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bapak Syalam Ali Wira Dinata Simatupang, S.Si., M.Si.

Karena Pandemi Covid-19, data survei sulit untuk didapatkan sehingga data yang dapat dianalisis atau diteliti yaitu dari data yang bisa diperoleh secara online, salah satunya data saham perusahaan. Topik yang dibahas pada webinar kali ini adalah bagaimana mempelajari metode statistik yang dapat mengevaluasi dampak dari Pandemic Covid-19 terhadap saham. Dengan pemodelan matematika dapat diketahui jika saham tersebut mengalami keseimbangan fluktuasi. Ada banyak hal yang dapat diteliti dari topik saham perusahaan di Indonesia yaitu terdapat 9 sektor dengan masing-masing sub-sektor di dalamnya, di dalam sub-sektor juga terdapat saham individual. Penelitian yang dibahas mengambil data saham dari perusahaan Indonesia karena lebih mudah untuk mengetahui informasi perusahaan tersebut dibandingkan dengan perusahaan luar negeri.

Materi kali ini membahas tentang metode forecast yang berfokus pada pendekatan univariate. Metode forecast kuantitatif sendiri dibagi menjadi dua yaitu pendekatan causal dan time series. Pemateri juga menyampaikan bahwa membentuk suatu  pemodelan matematika dari suatu sistem cukup mudah untuk dilakukan tetapi butuh waktu yang lama untuk memahaminya. Untuk kasus ini dibutuhkan pengetahuan teori yang kuat, simulasi, kemudian dapat dilakukan praktik. Hal yang  ingin diteliti dari pemodelan data adalah seberapa besar dampak Covid-19 terhadap fluktuasi saham dan seberapa lama hal tersebut dapat mempengaruhi harga saham. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, antusiasme peserta ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan dari para peserta melalui kolom komentar di channel youtube yang kemudian dijawab oleh pemateri.

Penulis Berita : Nadya Salsabila, 02181026

 

Tambahan Pada tanggal 30 Desember 2020 Bapak Suhartono telah berpulang ke rahmatullah. Semoga almarhum Bapak Suhartono meninggal dalam keadaan husnul khotimah, amal sholih dan kebaikan-kebaikannya terus mengalirkan pahala, serta keluarga yang ditinggalkan dapat ikhlas dan ridho.

Video Terkait :