Workshop “Application Data Analytics and Machine Learning in Real Life”

kuliah umum - 11 Januari 2021 - 12:00 AM

Sains data merupakan ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data sehingga dapat diperoleh informasi serta dapat ditarik keputusan yang relevan. Perkembangan data science memberikan tantangan sekaligus peluang yang cukup besar bagi mahasiswa matematika. Untuk itu, Program Studi Matematika Institut Teknologi Kalimantan menyelenggarakan workshop tentang Application Data Analytics and Machine Learning in Real Life pada 14 November 2020 melalui Zoom Conference yang menghadirkan  Bapak Mohammad Alfan Alfian R, S.Si.,M.Stat. sebagai pembicara utama. Beliau merupakan seorang data scientist yang bekerja sebagai advisor di PT Sarana Maju Lestari. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.30 WITA  hingga 12.00 WITA ini dihadiri oleh 50 peserta yang terdiri dari Mahasiswa ITK, Mahasiswa Luar ITK, Dosen Prodi Matematika ITK, dan Dosen Luar ITK. Materi yang disampaikan diantaranya Big Data and Its Challenge kemudian Data Analytics and Machine Learning. Workshop “Application Data Analytics and Machine Learning in Real Life” diharapkan dapat meningkatkan wawasan ilmu sains data serta kemampuan mahasiswa matematika dalam memilih metode yang tepat dalam menganalisis suatu data.

Acara dibuka oleh Bu Primadina Hasanah, S.Si., M.Sc. selaku moderator pada kegiatan ini dan juga sambutan oleh Bu Kartika Nugraheni, S.Si., M.Si. selaku Koordinator Program Studi Matematika. Materi pertama yang dibawakan oleh narasumber adalah “Big Data and Its Challenge”, Bapak Mohammad Alfan Alfian R, S.Si.,M.Stat. memberikan pemaparan umum tentang big data, macam-macam pattern data, penggunaan big data, serta tantangan dan peluang big data saat ini. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, antusiasme peserta ditunjukkan dari banyaknya pertanyaan yang kemudian didiskusikan bersama narasumber.

Selanjutnya Bapak Mohammad Alfan Alfian R, S.Si.,M.Stat menyampaikan materi “Data Analytics and Machine Learning”. Beliau menjelaskan bahwa Analisis Data merupakan sebuah proses menganalisis data mentah untuk memperoleh suatu informasi yang dapat menjawab pertanyaan penelitian. Pada materi ini dijelaskan pula 4 tipe Analisis Data yaitu descriptive, diagnostic, predictive, dan prescriptive. Tahapan dalam Analisis Data dapat dibagi menjadi 6 tahapan yang terdiri dari discovery, data preparation, model planning, model building, communicate result, dan operationalize. Materi terakhir yang tidak kalah penting yaitu tentang Machine Learning. Machine Learning merupakan salah satu cabang dari teknologi kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal sebagai Artificial Intelligence. Teknologi Machine Learning adalah mesin yang dikembangkan untuk bisa belajar dengan sendirinya tanpa arahan dari pengguna. Pembelajaran mesin dikembangkan berdasarkan disiplin ilmu seperti statistika, matematika, dan data mining sehingga mesin dapat belajar dengan menganalisa data tanpa perlu diprogram ulang atau diperintah. Setelah materi terakhir disampaikan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Dari pemaparan materi yang telah disampaikan dapat diketahui bahwa kemajuan era digital dan big data meningkatkan peran sains data pada berbagai sektor industri. Oleh karena itu, melalui workshop ini diharapkan para peserta dapat menambah wawasan tentang data science dan meningkatkan kemampuan dalam analisis data.

Penulis berita: Nadya Salsabila, 02181026