Program Studi

Matematika

Program studi matematika ITK didirikan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 65/M/Kp/III/2015. Program studi matematika berada di dalam Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi. Perkuliahan pada program studi matematika diselenggarakan dari tahun 2013 dan perkuliahannya bertempat di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Penyelenggaraan perkuliahan di ITS berakhir pada akhir tahun 2014. Sejak tahun 2015 hingga sekarang, program studi matematika telah aktif dan mandiri dalam menyelenggarakan perkuliahan di kampus ITK, Balikpapan. Berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 387/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2018, program studi matematika dinyatakan terakreditasi C. Program studi matematika ITK terus berkontribusi untuk keberlangsungan pendidikan di Indonesia, khususnya wilayah Kalimantan dan sekitarnya. Mahasiswa-mahasiswi matematika ITK dapat mempelajari dan mengaplikasikan konsep matematis untuk mengembangkan keilmiahan melalui tiga bidang keahlian. Selain itu, mereka pun mampu berkontribusi dalam bidang sains, teknologi, keuangan, asuransi, lingkungan, kesehatan, ekonomi industri, dan dunia pendidikan dengan memilih bidang keahlian yang sesuai minat mereka. Ketiga bidang keahlian yang disebutkan, meliputi statistika dan aktuaria, pemodelan matematika, serta analisis dan aljabar. Program studi Matematika membekali lulusannya dengan kemampuan mengoperasikan software dan beberapa bahasa pemrograman, seperti C++, Matlab, Maple, Latex, SPSS, Minitab, R, Java, dan sotware-software lainnya. Selain dibekali oleh konsep berpikir matematis yang tajam dan ketrampilan menjalankan beberapa software, para mahasiswa program studi ini didorong untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, baik di dalam maupun di luar program studi matematika ITK. Program studi matematika ITK bertujuan untuk membentuk karakter para lulusan menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi perkerti luhur, serta mencintai bangsa dan negara.

Info lanjut

Bidang minat

Bermacam fokusan ilmu yang ditujukan kepada para mahasiswa program studi Matematika

Pemodelan Matematika

Bidang ilmu yang fokus mengajarkan mahasiswa pada pemodelan fenomena fisis secara matematis dengan tepat dan sistematis serta terampil dalam memberikan solusi optimal dari berbagai sistem matematis.

Analisis dan Aljabar

Bidang iilmu yang mempelajari konsep dan terapan aljabar dan analisis secara komprehensif.

Statistika dan Aktuaria

Bidang ilmu yang mempelajari pengolahan data, matematika keuangan, dan teori risiko

Bidang Minat

Bermacam fokusan ilmu yang ditujukan kepada para mahasiswa program studi Matematika

Apa kata mereka ?

Luar biasa dan sangat bersyukur bisa bertemu dengan teman-teman seperjuangan, walaupun dulu kami masih minim dengan fasilitas, namun itu tidak menutupi semangat juang temen-teman terutama dosen-dosen pengajar matematika. Selain itu, proses perkuliahan didukung oleh dosen-dosen yang memang ahli dibidangnya. Kami diberi kesempatan untuk memilih bidang apa yang ingin ditekuni, misalkan kami ingin mengembangkan kemampuan wirausaha, maka nantinya akan ada yang mewadahi begitu pula dengan bidang lainnya. Selain perkuliahan, kami juga dituntut untuk bisa mengembangkan softskill lainnya contohnya dalam pengembangan organisasi baik dalam lingkup himpunan maupun institut, tentunya hal ini akan membantu mahasiswanya dalam menghadapi pasca kampus. Terimakasih untuk semua dosen dan tenaga pendidik matematika yang telah memberikan kami kesempatan untuk bisa berkembang di Matematika ITK.

Mahasiswa Matematika ITK 2015. Diterima S2 Matematika ITB 2020

Prodi Matematika ITK mempunyai dosen-dosen yang berkompeten dan ahli di bidangnya, mereka memberikan banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baik secara teori maupun penerapan di dunia nyata. Fasilitas yang menunjang perkuliahan pun sudah cukup lengkap diberikan, dan suasana kegiatan belajar-mengajar juga dibuat "santai tapi serius" membuat nyaman dalam mengikuti kegiatan perkuliahan setiap harinya.

Mahasiswa Matematika ITK 2014. GPIP Telkom

Belajar mata kuliah yang sangat menarik karena dibalik angka-angka yang dipelajari, ternyata sangat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dengan cara kreatifitas Dosen-Dosen dalam mengajar. Menjadi angkatan pertama juga menjadi tantangan tersendiri untuk menjadi mandiri dalam memecahkan permasalahan dalam materi perkuliahan. Banyak hal positif yang dapat diambil dan berguna setelah saya lulus dari Jurusan Matematika ITK.

Mahasiswa Matematika ITK 2013. Private Teacher & Content

Data Matematika

Jumlah data dalam angka statistik terkait program studi Matematika.

Data Umum

Bidang Minat

3

Dosen

12

Mahasiswa

138

Lulusan

7

Data Keketatan

SNMPTN

45%

SBMPTN

35%

Mandiri

0%

UTBK

488.31